Muhammad Iqbal ( Babay ): Perubahan mendasar paradigma pendidikan mengubah proses pembelajaran yang "sebelumnya berpusat pada pengajar menjadi berpusat pada peserta didik"

Perubahan mendasar paradigma pendidikan mengubah proses pembelajaran yang "sebelumnya berpusat pada pengajar menjadi berpusat pada peserta didik"

Setelah membaca referensi referensi yang saya dapatkan dari berbagai sumber yang telah saya baca sebelumnya.
Perubahan mendasar paradigma pendidikan mengubah proses pembelajaran yang sebelumnya berpusat pada pengajar menjadi berpusat pada peserta didik. Hal ini dapat terlaksana dengan menekankan ke arah fasilitas pembelajaran. Di mana perubahan proses pembelajaran juga akan mengubah hasil dari pendidikan. Semakin baik proses pembelajaran, mutu pendidikan pun menjadi lebih baik. Namun pastinya setiap kebijakan model pembelajaran yang diambil memiliki sisi positif dan negatif.

Setelah saya membaca referensi saya mengambil kesimpulan bahwa ketika fasilitas pembelajaran masih terhitung kurang, peran pengajar amat dominan. Pengajar memegang penuh proses pembelajaran. Sedangkan peserta didik hanya menerima apa yang disampaikan oleh pengajar, dan bersikap pasif. Hal ini dikarenakan karena peserta didik kekurangan referensi untuk dapat mengeksplor dan mengembangkan setiap materi materi yang di ajarkan. Keadaan ini yang mengakibatkan paradigma pendidikan berpusat pada pengajar.

Sedangkan sekarang ini, pemerintah telah berusaha merombak proses pembelajaran dengan melengkapi sarana dan prasarana. Salah satunya dalam hal IT lebih spesifiknya bisa di katakan internet. Dengan adanya internet, peserta didik dapat aktif mengeksplor pengetahuannya secara luas kapan saja dan dimana saja. Tanpa ada batasan dengan waktu, jarak dan ruang dimana ilmu itu bisa di dapatkan, di pelajari kemudian di-share.

Dengan begitu, pengetahuan peserta didik akan menjadi lebih berkembang dan mereka mampu menghadapi/mengerjakan soal, tugas ataupun ujian yang diberikan dengan lebih baik selama dia bisa mencari dan mencermati referensi yang dia dapatkan dari pengajar maupun dari internet. Hal ini pula yang disebut peserta didik telah aktif, yang mana sudah tidak terlalu begantung pada pengajar. Dan aktifnya peserta didik merupakan wujud nyata berubahnya paradigma pebelajaran dari terpusat ke pengajar menjadi terpusat ke peserta didik.

Mungkin diakhir ini saya sisipkan kalimat dalam kata kata yang sangat memotivasi
 "Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong tetapi Pendidikan adalah proses menyalakan api pikiran" - W.B. Yeats

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Muhammad Iqbal ( Babay ) Urang-kurai